Mantoux Test, Salah Satu Solusi pemeriksaan TBC Untuk Buah Hati Kita, kini tersedia di Puskesmas Sungailiat

Hai, ayah bunda, tahukah anda tentang Tuberculosis atau yang sering kita sebut FLEK dan jika terjadi pada buah hati kita,  pemeriksaan apa yang harus dilakukan??

Tuberculosis (TBC) adalah penyakit yang ditularkan melalui udara yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis dan bersifat menular. Penyakit TBC  tidak hanya menyerang orang dewasa  namun juga menyerang anak-anak. Orang yang diduga terkena infeksi bakteri ini disarankan untuk melakukan tes diagnosis untuk TBC.

Salah satu jenis pemeriksaan TBC yang dapat dilakukan di Puskesmas Sungailiat  khususnya untuk anak-anak adalah Mantoux Test/Tuberkulin Test/ Pirquet Test/PPD Test.  Mantoux Test adalah salah satu cara untuk mengetahui adanya paparan Kuman TB pada anak kita.

Kapan Mantoux Test harus dilakukan pada anak kita???

Mantoux Test akan dilakukan pada anak apabila mengalami

  • Demam lebih dari 2 minggu dan berulang.
  • Batuk lebih dari 2 minggu yang sudah diobati tetapi tidak sembuh.
  • Penurunan nafsu makan.
  • Berat Badan tidak naik dalam 2 bulan berturut-turut.
  • Anak tampak lesu dan tidak aktif.
  • Terdapat benjolan pada leher.
  • KONTAK ERAT DENGAN PENDERITA TBC

Bagaimana Prosedur Mantoux Test itu???

Pertama, dokter akan menyuntikkan sejumlah kecil larutan steril, yang mengandung tuberkulin. Tuberkulin adalah sebagian kecil protein murni yang berasal dari Mycobacterium tuberculosis. Jika seseorang terinfeksi TBC, sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi terhadap cairan tuberkulin yang disuntikkan.

Suntikan biasanya dilakukan di lengan bawah bagian dalam. Ketika tes Mantoux dilakukan dengan benar, titik injeksi akan membentuk benjolan kecil pada kulit, tapi bukan bagian kemerahan yang muncul juga akibat injeksi. Benjolan ini disebut dengan indurasi.

Tes kulit TBC tahap kedua harus dilakukan antara 48-72 jam setelah injeksi tuberkulin pertama dilakukan. Dokter akan memeriksa untuk melihat apa yang terjadi pada kulit dan bagaimana tubuh meresponnya.

Dalam tahap kedua tes Mantoux ini, dokter akan mengukur diameter benjolan indurasi di lengan bawah secara searah dengan diameter panjang tangan. Ukuran indurasi biasanya dicatat dalam satuan milimeter.

Nah, ayah bunda sekalian, jangan ragu, segera periksakan buah hati kita jika terdapat keluhan seperti diatas, agar TBC anak cepat terdeteksi dan bisa segera ditangani dan diobati sampai sembuh.

Salam TOSS TBC.

Bagian Postingan Ini

Komenetar (0)

Tinggalkan komentar