Pelayanan KB gratis di Puskesmas Sungailiat

Pelayanan KB Awal Tahun 2023
Pelayanan KB dilaksanakan dalam  rangka  Pelayananan KB  gratis secara  serentak Awal tahun 2023 dilaksanakan di Puskesmas Sungailiat pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas DP2KBP3A (Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kab. Bangka bekerjasama dengan Puskesmas Sungailiat. Kegiatan ini juga dilaksanakan di Puskesmas Sinar Baru, Pemali dan Praktek Bidan Mandiri yang telah ditunjuk oleh dinas terkait. Kegiatan ini dikoordinir oleh bidan Hairani, Am.Keb selaku pengelola program KB di puskesmas Sungailiat.

Adapun sasaran calon akseptor KB adalah masyarakat yang berada di wilayah kerja puskemas Sungailiat yang bekerjasama dengan penyuluh KB yang berada di kecamatan Sungailiat.  Petugas pelaksana kegiatan KB gratis adalah para bidan yang telah terlatih dan tersertifikasi di bidangnya. Dari hasil kegiatan hari ini jumlah akseptor sebanyak 13 orang terdiri dari pemasangan KB implant berjumlah 9 orang termasuk dilakukan pembukaan dan pemasangan implant kembali berjumlah 2 orang, Pemasangan IUD dan sekaligus pemeriksaan  IVA  berjumlah 2 orang, serta alat kontrasepsi suntik dan pil  KB berjumlah 1 orang.

Dari hasil skrening awal serta hasil pemeriksaan di temukan ada 4 orang yang tidak bisa menggunakan alat kontrasepsi hormonal maka calon akseptor memilih untuk di lakukan KB metode jangka panjang yaitu MOW (Metode Operasi Wanita).

Bagian Postingan Ini

Komenetar (0)

Tinggalkan komentar