PELAYANAN POSYANDU BALITA FASE NEW NORMAL TETAP UTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN

Memasuki masa new normal, Puskesmas Sungailiat sedang menjalankan prosedur pelayanan kesehatan balita di posyandu (pos pelayanan terpadu). Dengan panduan pelayanan kesehatan balita pada masa pandemi Covid-19, yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sejak Maret 2020, kasus Covid-19 mulai merebak sehingga membuat pelayanan di posyandu dialihkan di Puskesmas Sungailiat. Pelayanan kesehatan balita tetap dilaksanakan di Puskesmas Sungailiat serta petugas kesehatan puskesmas Sungailiat tetap memantau kesehatan balita dengan mengunjungi rumah anak balita yang bermasalah. Permasalahan yang terkait dengan tumbuh dan kembang anak. Hal ini dikarenakan ada beberapa orangtua anak balita yang enggan datang ke puskesmas karena khawatir dengan penularan Covid-19.

Sebelum kegiatan posyandu dimulai, kader menginformasikan ke ibu-ibu anak balita untuk membawa kain sarung masing-masing yang digunakan untuk menimbang serta wajib menggunakan masker dan cuci tangan dengan sabun serta jaga jarak dengan sesama. Kader juga mengatur tiap RT dengan pembagian jam yang berbeda agar tidak ada kerumunan.

Penanggung jawab posyandu dan kader harus memastikan seluruh lokasi posyandu bersih dan terhindar dari penularan virus, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, thermal gun serta petugas menyiapkan masker bagi yang tidak menggunakan masker. Selain itu, petugas juga harus dipastikan menggunakan alat pelindung diri dan sehat (tidak dalam keadaan batuk, pilek atau demam), “ujar Kepala Puskesmas Sungailiat (dr. Betty).

Sebelum memasuki pintu masuk posyandu, petugas posyandu akan mengecek suhu badan dengan menggunakan alat thermal gun, orang tua dan balita yang hadir harus memakai masker, kemudian harus mencuci tangan dengan sabun. Petugas posyandu mengawasi jalannya kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan. Setelah pemantauan kesehatan balita selesai, orang tua dan balita akan segera dipersilahkan pulang dengan terlebih dahulu diminta cuci tangan kembali.

Bagian Postingan Ini

Komenetar (0)

Tinggalkan komentar